body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Wednesday 18 February 2015

Corak dan Warna Keluarga

Setiap orang pasti mempunyai keluarga, entah keluarga lama atau keluarga baru. Dan ia pasti menginginkan sebuah keluarga yang mampu memberikan kenyamanan bagi dirinya selama dia hidup di dunia ini. Berikut akan saya ulas sebuah tips agar menghidupkan sebuah keluarga sehingga membuat kita lebih berarti dan bermakna dan senantiasa senang hati untuk memperjuangkannya. Jika sebuah keluarga memberikan arti dalam hidup seseorang sudah pasti orang tersebut akan melakukan apa saja untuk melindungi keluarganya. Nah, bagaimama sih agar keluarga kita menjadi sebuah wadah, tempat curhat dan tempat menempa diri ini untuk lebih baik lagi dalam ranah kehidupan kita?
Dengan adanya blog ini saya (penulis) bermaksud memberikan pengaruh positif atau semacam kontribusi untuk memperbaiki keluarga Indonesia agar lebih baik dalam menempa anggota keluarganya. 

Sebagai ibu rumah tangga, saya mempunyai gagasan untuk menerapkan sebuah sistem dalam rumah agar semua anggota menjadi baik jika menerapkan sistem tersebut. Sistem yang saya buat adalah tidak jauh dari aturan agama dan norma lain serta pengetahuan yang ada di dalam otak saya. Saya berharap dalam keluarga saya mempunyai sebuah tradisi yang baik agar bisa diteruskan oleh generasi selanjutnya. Kami selalu menerapkan untuk makan bersama. Banyak manfaat dan maksud yang terkandung di dalamnya, lain kali akan saya sampaikan pada kesempatan yang akan datang khusus membahas manfaat makan bersama dalam keluarga. 

Anda pun juga bisa memberikan corak atau semacam ciri khas dalam keluarga Anda, sebuah tradisi yang nantinya akan bisa diterapkan di generasi buyut cicit dan seterusnya. Tentu yang baik-baik Bunda... contohnya, tradisi memberikan makanan kepada tetangga setiap 2 minggu sekali atau sesuai kesanggupan Anda. Ini akan memberikan dampak positif pada pendidikan anak, dan mengajarkannya untuk lebih bersikap dermawan. Demikian jika Bunda ingin membentuk anak menjadi orang yang dermawan. 

Jika Bunda menginginkan sifat disiplin dalam keluarga maka hidupkanlah kedisiplinan dalam keluarga Bunda. Atur waktu sebaik mungkin agar sistem ini bisa berjalan. Saya sarankan untuk 1 poin saja dalam memberikan corak keluarga, yang lainnya mengikut dan tidak terlalu tegas semacam corak yang akan dibentuk. Begitu ya Bun, penjelasan dari saya mengenai membuat ciri khas sebuah keluarga. Diharapkan dengan adanya ciri khas yang ada dalam keluarga akan membuat semua anggota keluarga merasa memiliki kebersamaan dan akan merasa kurang jika tidak bersama keluarga. Disinilah awal pembentukan karakter baik kita. Sehingga fungsi keluarga bisa berjalan dengan maksimal. Semoga kita diberikan hidayah atau pencerahan oleh Allah tentang membina keluarga sesuai dengan peran yang kita emban.

Salam sukses dari saya untuk para Bunda dan keluarga Indonesia semua!

baca juga : Manfaat makan bersama keluarga

No comments:

Post a Comment