body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Wednesday 25 February 2015

Manfaat Makan Bersama Keluarga

Hai Bunda... ketemu lagi dengan saya ya, kali ini saya akan membahas tentang manfaat makan bersama menurut versi saya. Beberapa waktu lalu saya membahas tentang corak dan warna keluarga agar memberikan ciri kas tertentu (yang baik) dalam keluarga kita. Seperti yang sudah saya janjikan untuk membahas sebuah tradisi baik dalam keluarga. Makan bersama. 

Makan bersama ada banyak manfaat dibalik acara ini. diantaranya : mampu mempererat ikatan dalam kebersamaan antar sesama anggota. Saat kita makan bersama ada banyak karakter yang terlihat didalamnya, dana disitu sebagai orang tua juga bisa mengajarkan akhlaq pada anak. Bagaimana sikap saat mengambil makanan? tentu kita ajarkan untuk mulai mengambil dari yang dekat dengan dirinya. Selanjutnya, bagaimana dia bersikap saat makan dengan mendahulukan yang lebih tua atau mengambilkan untuk menghormati/menyayangi yang lebih muda. Bagaimana akhlaq dia saat
makan? tentunya makan sedikit demi sedikit tidak semua makanan dimasukkan, makan dengan tangan kanan, makan tidak boleh sambil bicara, sebelum dan sesudah makan harus berdoa sebagai tanda syukur kita atas pemberian Allah SWT, dan sebagainya. Banyak akhlaq yang bisa kita tanamkan dalam acara kecil ini.

Lebih dari itu, acara / tradisi makan bersama jika diterapkan dengan aturan harus menunggu semua anggota keluarga berkumpul, maka ini nilai lebih. Orang tua menerapkan aturan ini tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menanamkan dalam diri masing-masing tentang arti sebuah kebersamaan. Acara makan belum dimulai jika belum berkumpul semua, meski sudah ada yang kelaparan dan sangat bernafsu untuk segera menyantap makanan. Jika tidak ingin demikian maka ia harus membatu anggota yang lainnya untuk cepat menyelesaikan aktiivitasnya agar bisa makan tepat waktu. Begitu pula dengan anggota yang lainnya, dia harus pengertian jika ia terlambat makan maka ia akan menyusahkan anggota keluarga lainnya. Sehingga ia harus tahu diri juga. Nah, ini yang harus ditanamkan dalam diri pada masing-masing anggota keluarga.

 Didalam acara ini juga akan menjadi ajang untuk saling memahami antar anggota keluarga. Jika rasa saling memahami antar satu dengan yang lain maka akan memudahkan bagi sebuah keluarga untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Dan tidak kalah penting dari semua itu, seorang pemimpin keluarga yang dalam hal ini adalah ayah bisa mengawasi dan mengetahui kondisi anggota keluarganya.
Mungkin sekian dulu dari saya ya Bun... mungkin masih banyak lagi manfaat makan bersama yang belum saya ketahui. Mungkin diantara para pembaca yang budiman bisa menambahkan suatu hal yang berkenaan dengan topik diatas. Kami tunggu ya... silakan komentarnya.

Oke, salam sukses dari saya untuk Anda para pembaca yang budiman.

No comments:

Post a Comment