body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Sunday 8 February 2015

Teratogen (Monster)

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai teratogen. Apa sih teratogen itu? dan bagaimana dampaknya? baiklah, langsung kita mulai saja. Teratogen berasal dari bahasa yunani "tera" yang berarti monster. Teratologi adalah ilmu yang mempelajari kelainan kelahiran. Adapun maknanya, teratogen berarti semua unsur yang menyebabkan kelainan kelahira. Berikut ini adalah penyakit atau infeksi selama kehamilan dan menyebabkan kelainan pada janin.

Infeksi Rubella

Infeksi ini bisa di cek dengan pemeriksaan darah. Penyakit ini merusak perkembangan pra kelahairan, kerusakan terbesar terjadi saat infeksi pada minggu  ke tiga kehamilan. Penyakit ini bisa dicegah dengan memberikan vaksin pada anak-anak dan ibu hamil.

Sifilis

Penyakit sifilis mempegaruhi proses organogenesis. Organogenesis yang sudah terbentuk bisa rusak jika ibu saat hamil terkena sifilis. Kerusakan bisa terjadi pada mata (kebutaan), kulit, dsb.

Genital Herpes

Biasanya bayi terinfeksi saat bayi dilahirkan dari saluran kelahiran ibu yang terinfeksi herpes. Diperkirakan bayi yang terkena infeksi ini akan meninggal dan 1/4 bayi dengan genital herpes akan mengalami kerusakan otak. Maka salah satu solusinya adalah dilahirkan dengan section cesarean.

AIDS

Ini sudah pasti. Jika ibu menderita AIDS baik sebelum atau sesudah kelahiran bayi akan terinfeksi AIDS.

Setiap wanita mempunyai kesempatan 12 kehamilan. Namun seorang ibu yang hamil lebih dari 35 tahun lebih beresiko dibanding ibu yang berusia 20 an tahun. Begitu pula ibu hamil yang usianya masih remaja (belia) bisa menyebabkan bayi prematur dikarenakan belum siap organ reproduksinya. Perkembangan janin pada ibu hamil juga dipengaruhi gizi, perubahan psikologis (keecemasan, ketakutan/emosi ibu). Jika ibu hamil ketakutan, maka ia akan mengeluarkan hormon adrenalin secara berlebihan dan akan menyebabkan terhambatnya aliran darah kearah kandungan sehingga janin kurang oksigen.

Begitu dulu ya ibu ibu, informasi mengenai masalah-masalah pada janin selama kehamilan. Semoga arikel ini memberi manfaat dan setidaknya menambah pengetahuan bagi para ibu untuk lebih menyayangi anak yang sudah kita lahirkan di dunia ini. 
Salam sukses dan hangat dari penulis untuk Anda sekalian...

No comments:

Post a Comment